Sabtu, 07 Desember 2013

PHP6 VALIDASI FORM DENGAN PHP

VALIDASI FORM DENGAN PHP  

Inputan pada Form diperlukan validasi data di Aplikasi Web karena ketidakcocokan inputan akan menyebabkan kesalahan yang akan merepotkan pihak administrator atau ketidak seragaman data. Oleh sebab itu data inputan sebelum masuk penyimpanan data maka diperiksa sesuai aturan yang diberlakukan. Contoh ketika memasukkan email, kode pos, inputan angka dan sebagainya. 

Tipe Validasi Form 
Validasi Form terdapat 2 macam tipe yaitu Client Side dan Server Side. Validasi Client Side dapat dilakukan menggunakan javascript, tetapi tidak dianjurkan karena user dapat mematikan javascript di browser maka proses validasi tidak berjalan. Validasi Server Side disini adalah cara untuk mengatasi jika hal tersebut diatas tidak memenuhi karena validasi Server Side akan tetap bekerja meski javascript browser dimatikan. Validasi Server Side dilakukan menggunakan PHP, ASP atau JSP dan Bahasa Scripting Server lainnnya. 

Validasi dengan PHP 
Disini akan dicontohkan validasi dengan PHP dimana terdapat validasi data yang diinputkan ke form dan menampilkan error message-nya jika data yang diinputkan tidak valid. Pertama adalah contoh sederhana yang akan mengecek apakah semua data/isian sudah diisi atau kosong. 
Ini coding dari PHP 6 : 

















Dan ini hasilnyaa :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar